Mengetahui, 
Kepala SMP Lab Undiksha Singaraja 
  
  
Drs. Made
  Resika 
NIP. - 
 | 
  
  
Guru Mata Pelajaran Matematika 
  
  
I Made Sukardi,
  S.Pd 
NIP. 19621231 198411 1 132 
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) 
 SILABUS  
  
SEKOLAH                             : 
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA 
KELAS                                   :  IX 
MATA PELAJARAN                        : 
MATEMATIKA 
SEMESTER                          : 
1 ( SATU ) 
GEOMETRI DAN PENGUKURAN 
Standar Kompetensi           :  1.  Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. 
 
   | 
    
KOMPETENSI DASAR 
 | 
   
    
NILAI KARAKTER 
 | 
   
    
MATERI POKOK / NILAI  KARAKTER 
 | 
   
    
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
   
    
INDIKATOR 
 | 
   
    
PENILAIAN 
 | 
   
    
ALOKASI  
WAKTU 
 | 
   
    
SUMBER BELAJAR 
 | 
   
   | 
    
  
 | 
   
 
  | 
   
1.1          Mengidentifikasi
  bangun-bangun yang sama dan sebangun       
          (kongruen) 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat
  dua segi-tiga sebangun dan kongruen. 
  
  
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2. Kerjakeras 
3. Keingintahuan 
4. Kemandirian 
5.Percaya diri 
  
 | 
  
   
Syarat dua
  bangun  datar yang  sebangun 
   
   
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·  Siswa berkelompok mendiskusikan menentukan syarat dua bangun datar
  sebangun, menentukan nilai perbandingan sisi yang bersesuaian 
·  Guru membimbing siswa menentukan pasangan bangun datar sebangun dengan
  mencari nilaiperbandingan sisi yang bersesuaian 
·  Guru membimbing siswa menentukan panjang salah sisi bangun datar yang
  sebangun . 
·  Siswa mengerjakan soal latihan 
Penugasan Terstruktur 
·  Pekerjaan Rumah 
Kegiatan Madiri tidak
  terstruktur 
·    
  
 | 
  
   
·       Menentukan pasangan bangun datar yang sebangun 
·       Menentukan pasangan sisi yang bersesuaian dari dua bangun datar yang
  sebangun 
·       Menentukan pasangan sudut yang bersuaian dari dua bangun datar yang
  sebangun 
·       Menentukan syarat dua bangun datar sebangun 
·      
  Menentukan dua
  bangun datar yang sebangun dengan cara menentukan nilai perbandingan dari
  panjang sisi yang bersesuaian 
·      
  Menentukan panjang
  salah satu sisi bangun dari dua bangun datar yang sebangun 
  
  
  
  
 | 
  
   
Jenis : Tes 
Teknik : Tes
  lisan 
Bentuk Instrumen
  : Uraian 
  
 | 
  
   
3  Jp 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal 1-10 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
  
 | 
  
  | 
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Bangun datar kongruen. 
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Siswa mendiskusikan perbedaan bangun sebangun dengan bangun kongruen,
  kemudian mencari unsur=unsur yang sama dari dua bangun yang kongruen 
·   Siswa mengerjakan
  soal latihan 
Penugasan Terstruktur 
·   Pekerjaan Rumah 
Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur 
·   - 
 | 
  
   
·      
  Menentukan pasangan
  bangun datar yang kongruen 
·      
   Menentukan unsur-unsur yang sama dari dua
  bangun datar  kongruen. 
·      
  Menentukan panjang
  salah satu sisi bangun dari dua bangun datar yang kongruen 
  
 | 
  
   
Jenis : Tes 
Teknik : Tes
  tulis 
Bentuk instrumen
  : 
Uraian 
 | 
  
   
2  Jp 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .3-10 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
 | 
  
  | 
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Segitiga – segitiga sebangun 
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Siswa berkelompok
  menentukan pasangan segitiga sebangun, menentukan syarat dua segitiga
  sebangun. 
·   Siswa mengerjakan
  soal latihan 
  
Penugasan terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
·   - 
 | 
  
   
·      
  Menentukan dua
  segitiga yang sebangun 
·      
  Menentukan pasangan
  sisi yang bersesuaian pada dua segitiga yang sebnagun 
·      
  Menentukan pasangan
  sudut yang bersesuaian pada dua segitiga yang sebangun 
  
 | 
  
   
Jenis : Tes 
Teknik :Tes
  tulis 
Bentuk instrumen
  : 
Uraian 
 | 
  
   
2 Jp 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .10-13 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
 | 
  
  | 
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
·  
    
 | 
  
   
·  
  Nilai perbandingan
  panjang sisi segitiga sebangun  
  
·  
  Menghitung panjang
  sisi pada dua bangun yang sebangun. 
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·  Guru membimbing siswa dalam menentukan perbandingan
  sisi dua segitiga sebangun 
·  Siswa mengerjakan soal latihan 
·  Siswa membahas soal seperti contoh pada halaman 15,
  dengan bimbingan guru. 
·  Siswa mengerjakan soal latihan 
Penugasan
  terstruktur 
·  Pekerjaan rumah 
Kegiatan
  mandiri tidak terstruktur 
·  - 
 | 
  
   
·      
  Menentukan dua
  segitiga  sebangun dengan cara
  menentukan nilai perbandingan dari panjang sisi-sisi yang bersesuain 
·      
  Menentukan panjang
  salah satu sisi segitiga jika segitiga tersebut sebangun dengan segitiga yang
  lain  
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik: Tes
  tulis 
Bentuk instrumen
  : 
Uraian 
  
  
  
  
  
  
  
 | 
  
   
2  Jp 
 | 
  
   
Buku Paket BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
  Dwi Susanti, Hal .13-17 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Syarat dua segitiga sama dan sebangun (kongruen) 
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·  Siswa secara berkelompok membahas syarat dua segitiga sama dan sebangun (
  kongruen) menggunakan contoh seperti gambar halaman 17. 
·  
  Siswa secara
  berkelompok membahas sifat-sifat segitiga sama dan sebangun dan melakukan
  kegiatan siswa dengan bimbingan guru. 
·  Siswa mengerjakan soal latihan 
  
Penugasan terstruktur 
·  Pekerjaan rumah 
Kegiatan mandiri tidak
  terstruktur 
·  - 
  
 | 
  
   
·      
  Menentukan dua
  segitiga kongruen 
·      
  Menyebutkan syarat-syarat
  dua segitiga kongruen 
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :
  tes  lisan 
 Bentuk instrumen : Uraian 
 | 
  
   
2 Jp 
 | 
  
   
Buku Paket BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
  Dwi Susanti, Hal .17-18 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
 | 
  
  | 
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Perbedaan segitiga sebangun dengan kongruen 
  
Perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku jika ditarik garis tinggi ke
  sisi miring 
 | 
  
   
Tatap Muka 
·  
  Siswa dibimbing
  membedakan segitiga sebangun dengan segitiga kongruen 
·  
  Siswa secara
  berkelompok membahas perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku jika
  ditraik grs tinggi ke sisi miring 
·  
  Siswa mengerjakan soal
  latihan 
Penugasan Terstruktur 
·  
  Pekerjaan Rumah 
Kegiatan mandiri tidak
  terstruktur 
·  
  - 
  
 | 
  
   
·      
  Membedakan segitiga
  sebangun dengan segitiga kongruen 
·      
  Menentukan
  perbandingan pada sisi segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring. 
  
 | 
  
   
Jenis : Tes 
Teknik:Tes tulis
  dan lisan 
Bentuk instrumen
  : uraian 
 | 
  
   
2  Jp 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta
  dan Dwi Susanti, Hal .19-23 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
 | 
  
  | 
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
  
Menghitung panjang sisi  segitiga
  yang sebangun 
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka  
·  
  Siswa secara
  berkelompok mendiskusikan perbandingan sisi segitiga sebangun dengan garis
  sejajar salah satu sisinya 
·  
  Guru bersama siswa
  membahas soal seperti pada contoh 1-2 halaman 33-34, contoh 1-2 halaman
  34-35, contoh 1-2 halaman 37-38. 
·  
  Siswa
  membahas soal contoh 1-2 halaman 39-41 dengan bimbingan guru. 
·  
  Siswa mengerjakan
  soal latihan 
Penugasan
  terstruktur 
·  
  Pekerjaan Rumah 
Kegiatan
  mandiri tidak terstruktur 
·  
  - 
·  
    
 | 
  
   
·      
  Menentukan
  perbandingan pada sisi  segitiga dengan
  garis sejajar salah satu sisinya. 
  
 | 
  
   
Jenis : Tes 
Teknik : Tes
  tulis dan lisan 
  
Bentuk instrumen
  : Uraian 
 | 
  
   
2  Jp 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .10-13 
Buku paket
  mat.3, penerbit Erlangga 
  
Buku Bahan Ajar
  LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. ....... 
 | 
  
  | 
   
1.3 Menggunakan kon-sep kesebangunan segitiga dalam
  pe-mecahan masalah. 
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Penerapan kesebangunan pada kehidupan sehari-hari 
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·  Siswa membahas soal seperti contoh 1-3 halaman 53-54, dengan bimbingan
  guru. 
·  Siswa mengerjakan soal latihan 
Penugasan terstruktur 
·  Pekerjaan rumah 
Kegiatan mandiri tidak tertsruktur 
·  Mengukur tinggi pohon dengan kesebangunan  
  
 | 
  
   
·  Memecahkan masalah bangun datar 
  yang berkaitan dengan kesebangunan. 
·  Menggunakan kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari - hari 
. 
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen : Uraian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku Paket BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
  Dwi Susanti, Hal .14,27-30 
  
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur, 
 | 
  
 
  
BANGUN RUANG SISI LENGKUNG 
Standar kompetensi           :
 2. 
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan
ukurannya. 
 
  | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
  
KARAKTER 
 | 
  
   
MATERI POKOK  
 | 
  
   
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
  
 | 
  
   | 
  
  
  | 
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
ALOKASI
   
WAKTU  
 | 
  
   
SUMBER  
 | 
  
  
  
 | 
  
  
  | 
   
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola. 
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
·   
  Unsur-unsur
  pada tabung , kerucut dan bola. 
o  Unsur-unsur pada
  ta-bung 
o  Unsur-unsur pada
  ke-rucut. 
o  Unsur-unsur pada
  bola 
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Siswa secara berkelompok mendiskusikan unsur-unsur tabung, kerucut, dan
  bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung (model kerangka dan
  padat) 
·  
  Membahas
  soal seperti  contoh 1-2 halaman 67-68. 
·  
  Siswa
  mengerjakan soal latihan 
Penugasan
  terstruktur 
·  
  Pekerjaan
  rumah 
Kegiatan mandiri
  tidak terstruktur 
·  
  - 
 | 
  
   
·  Menyebutkan  unsur-unsur tabung 
·  Menyebutkan unsur-unsur  kerucut 
·  Menyebutkan unsur – unsur  bola 
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik : Tes tulis dan lisan 
Bentuk instrumen : uraian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .31-42 
  
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana,
  hal 
 | 
  
  
  
 | 
  
  
  | 
   
2.2 Menghitung luas selimut dan volume 
  tabung, kerucut, dan bola. 
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Luas permukaan dan Volume  tabung 
  
 | 
  
   
Tatap muka 
·   Siswa secara berkelompok membahas cara menentukan rumus luas selimut ,
  luas permukaan dan volume tabung dengan bimbingan guru. 
·  
  Siswa membahas soal  seperti contoh
  1-3 halaman 71-72. 
·  
  Siswa
  mengerjakan sola latihan 
·  
  Penugasan
  terstruktur 
·  
  Pekerjaan
  rumah 
·  
  Kegiatan mandiri
  tidak terstruktur 
·  
  - 
 | 
  
   
·  
  Menentukan rumus luas
  selimut tabung 
·  
  Menentukan  luas permukaan tabung. 
·  
  Menghitung luas selimut tabung 
·  
  Menghitung  luas permukaan  tabung. 
§ Menghitung panjang unsur-unsur tabung jika diketahui luas selimut atau  luas permukaan tabung. 
§ Menentukan rumus volume tabung 
§ Menghitung volume tabung 
§ Menghitung ukuran tinggi tabung jika diketahui volumenya 
§ Menghitung ukuran jari-jari tabung 
  jika diketahui volumenya 
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik : Tes
  tulis dan lisan 
Bentuk instrumen : uraian 
 | 
  
   
3 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku Paket BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
  Dwi Susanti, Hal .33-35 
  
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
  Penerbit UD laksamana, hal 
  
 | 
  
  
  
 | 
  
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Luas permukaan dan volume kerucut 
  
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Siswa secara berkelompok membahas cara menentukan rumus luas selimut,
  luas permukaan dan volume  kerucut  dengan bimbingan guru. 
·  
  Siswa
  membahas soal  seperti
  contoh 1-2 halaman 75-76. 
·  
  Siswa
  mengerjakan soal latihan 
Penugasan
  terstruktur 
·  
  Pekerjaan
  rumah 
Kegiatan mandiri
  tidak terstruktur 
·  
  - 
  
 | 
  
   
·  
  Melukis jaring-jaring
  kerucut 
·  
  Menentukan rumus luas
  selimut kerucut 
·  
  Menentukan rumus luas
  permukaan kerucut. 
·  
  Menghitung luas
  selimut kerucut 
·  
  Menghitung  luas permukaan  kerucut. 
·  
  Menghitung ukuran
  unsur-unsur kerucut jika diketahui luas selimut atau luas permukaan kerucut. 
·  
  Menentukan  rumus volume kerucut. 
·  
  Menghitung volume kerucut. 
·  
  Menghitung ukuran
  tinggi kerucut jika diketahui volumenya. 
·  
  Menghitung ukuran
  jari-jari kerucut jika diketahui volumenya 
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik : tes tulis 
Bentuk instrumen : uraian 
 | 
  
   
3 jam
  pelajaran 
 | 
  
   
Buku Paket BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
  Dwi Susanti, Hal .35-38 
  
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
  Penerbit UD laksamana, hal 
  
 | 
  
  
  
 | 
  
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Luas permukaan dan volume bola 
  
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Siswa secara berkelompok membahas menentukan rumus luas permukaan dan
  volume  bola, dengan melakukan
  langkah-langkah  seperti pada halaman
  77   dengan bimbingan guru. 
·   Siswa membahas
  soal  seperti contoh 1-2 halaman 78
  dengan bimbingan guru. 
·   Siswa mengerjakan
  sola latihan 
·   Penugasan terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
·   Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
·   - 
 | 
  
   
·  
  Menentukan rumus luas
  permukaan bola 
·  
  Menghitung luas
  permukaan  bola. 
·  
  Menghitung jari-jari
  bola , jika diketahui luasnya. 
·  
  Menyebutkan rumus
  volume bola. 
·   Menghitung volume bola. 
·   Menghitung unsur-unsur bola jika diketahui volumenya. 
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen ; uraian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .38-43 
  
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
  Penerbit UD laksamana, hal 
  
  
 | 
  
  
  
 | 
  
  
  | 
   
2.3 Memecahkan masalah yang
  berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola. 
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Penerapan bangun ruang sisi
  lengkung 
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·       Siswa membahas soal seperti pada contoh 1-2 halaman
  93-94 dengan bimbingan guru. 
·       Siswa mengerjakan soal latihan 
Penugasan
  terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
Kegiatan mandiri
  tidak terstruktur 
·      
  Tugas menggambar
  tabung, kerucut, bola dan lengkap denga humus luas dan volume pada buku
  gambar A4 
 | 
  
   
·     Menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas  
·     Menggunakan rumus  volume dari
  tabung, kerucut, dan bola untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
  volume tabung, kerucut dan bola 
  
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen ; uraian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku Paket
  BSE  Kls IX , Pengarang : Wahyudin
  Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .53-56 
  
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana,
  hal 
 | 
  
  
  
 | 
  
  
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
S T A T I S T I K A 
Standar Kompetensi           :  3.  Melakukan pengolahan dan penyajian data  
 
  | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
KARAKTER 
 | 
  
   
MATERI POKOK  
 | 
  
   
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
ALOKASI  
WAKTU 
 | 
  
   
SUMBER BELAJAR 
 | 
  
  | 
   
3.1          Menentukan rata-rata,
  median, dan modus data tunggal serta penafsirannya. 
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Data statistika. 
·  
  Pengertian data. 
·   Pengumpulan data. 
·   Mengurutkan data. 
·  
  Sampel
  dan Populasi 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·       Siswa melakukan kegiatan pengumpulan data , misalnya tentang berat badan
  temannya dengan mencatat dan mengukur  
·       Siswa membahas pengertian data da datum 
·  
  Siswa membahas cara mengurutkan data dari terkecil sampai terbesar. 
·   Siswa membahas pengertian sampel dan populasi 
·   Siswa mengerjakan soal latihan 
·   Penugasan
  terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
·   Penugasan mandiri tidak tertsruktur 
·   - 
  
 | 
  
   
·    
  Menentukan populasi
  dari suatu kejadian 
·    
  Menentukan sampel dari
  suatu kejadian 
·    
  Mengumpulkan data 
·    
  Mengumpulkan data
  dengan mencacah 
·    
  Mengumpulkan data
  dengan mengukur 
·  Mengumpulkan data dengan  turus/
  tally 
·    
  Mengurutkan data
  tunggal 
·    
  Menentukan data
  terkecil  
·    
  Menentukan data  terbesar. 
·    
  Menentukan jangkauan
  data tunggal 
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen : uraian  
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE Matematika KLS IX, 
karangan : Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 57- 60 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Ukuran Pemusatan
  Data. 
·   Rata-rata hitung (mean) 
·   Modus. 
·   Median (data tunggal) 
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Siswa secara berkelompok membahas cara menentukan
  mean, modus, dan mediandengan bimbingan guru  
·   Siswa melakukan perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta
  menafsirkan maknanya. Dengan memperhatikan contoh 3.7, 3.8 dan 3.9 
Penugasan terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
Penugasan mandiri tidak tertsruktur 
·   - 
  
  
 | 
  
   
·  
  Menghitung  rata-rata ( mean ) dari data tunggal  
·  
  Menghitung median dari
  data tunggal.  
·  
  Menghitung  modus dari data tunggal  
·     
  Menentukan penafsiran
  dari ukuran pemusatan data tunggal 
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen : uraian  
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 69- 78 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Ukuran Pencaran (data tung-gal). 
·  
  Jangkauan suatu data. 
·   Jangkauan Kuartil. 
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
  
·   Guru menjelaskan pengertian jankauan dan cara menentukan jangkauan suatu
  data 
·   Siswa secara berkelompok membahas contoh 3.16 
·   Guru menjelaskan cara menentukan Kuartil, 
  simpangan kuartil dan jangkauan interkuartil  
·  
  Siswa secara
  berkelompok melakukan perhitungan kuartil, simpangan kuartil suatu data,  jangkauan interkuartil. 
Penugasan terstuktur 
·  
  Pekerjaan rumah 
Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
·  
  - 
  
 | 
  
   
·      
  Menghitung kurtil
  bawah dari data tunggal 
·      
  Menghitung kuartil
  tengah dari data tunggal 
·      
  Menghitung kuartil
  atas dari data tunggal 
·      
  Menghitung  jangkauan kuartil  
·      
  Menghitung  jangkauan interkuartil. 
  
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik : Tes tulis 
Bentuk Instrumen : uraian 
 | 
  
   
2  jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 79-83 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
 | 
  
  | 
   
3.2          Menyajikan data da-lam
  bentuk tabel dan diagram ba-tang, garis, dan lingkaran. 
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Penyajian data  
·    Dalam bentuk tabel 
·    diagram lambang 
·    diagram 
  batang 
·    .diagram garis 
·    Diagram lingkaran 
  
 | 
  
   
Tatap muka 
·  Siswa secara
  berkelompok membahas cara menyajikan data dengan tabel, membuat diagram
  lambang dan diagram batang diagram garis dan diagram lingkaran dengan
  memperhatikan contoh 3.3 – 3.6 
· Siswa mengerjakan soal latihan tes kompetensi 3.1 no 4-6 
· Penugasan terstruktur 
· Pekerjaan rumah tes kompetensi 3.1 no 7-10 
· Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
· Siswa ditugaskan mengumpulkan data sepeda motor di parkir SMA  berdasarkan merknya , kemudian disajikan
  dalam diagram dan dicari ukuran pemusatan datanya. 
  
  
  
  
  
  
 | 
  
   
·    
    Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel 
·      
  Menyajikan data
  tunggal dalam diagram lambang (piktogram)  
·       Menyajikan data tunggal dalam bentuk diagram batang. 
·      
  Menyajikan data tunggal
  dalam bentuk diagram garis. 
·       Menyajikan data tunggal dalam bentuk diagram lingkaran. 
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen : Uraian 
 | 
  
   
2  jam pelajaran 
  
  
  
  
  
  
  
2 jam 
 pelajarn 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 62-68 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Distribusi Frekuensi 
·   Tabel distribusi frekuensi data berkelompok  
  
 | 
  
   
Tatap Muka  
·   Siswa secara berkelompok membahas pengertian jangkauan data, interval
  kelas, kelas interval, batas bawah dan batas atas dengan bimbingan guru. 
·   Siswa membahas cara membuat tabel frekuensi dari data berkelompok  memperhatikan contoh 3.19 dengan bimbingan
  guru. 
·   Siswa mengerjakan soal tes kompetensi 3.4 no 1 
·   Penugasan terstruktur 
·   Pekrjaan rumah tes kompetensi 3.4 no. 3 ,5  
·   Kegiatan mandiri tidak
  terstruktur 
·   - 
  
 | 
  
   
·      
  Menyajikan data
  tunggal pada tabel frekuensi 
·       Menyajikan data berkelompok pada tabel frekuensi. 
 | 
  
   
Jenis : tes 
Teknik :Tes tulis 
Bentuk instrumen : Uraian 
 | 
  
   
1  jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 83-88 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
 | 
  
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
                                                 
P
E L U A N G 
Standar Kompetensi           :
 4. 
Memahami Peluang suatu Kejadian. 
 
  | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
  
KARAKTER 
 | 
  
   
MATERI POKOK  
 | 
  
   
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN  
 | 
  
   
ALOKASI  
WAKTU 
 | 
  
   
SUMBER BELAJAR 
 | 
  
  | 
   
4.1 Menentukan Ruang sampel Suatu Percoabaan 
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Pengertian Peluang 
·     
  Kejadian acak 
  
  
  
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka  
·   Siswa secara berkelompok melakukan aktivitas 4.1 seperti pada buku  
·   Siswa dibimbing membedakan kejadian acak dengan tidak acak 
·   Siswa mengerjakan soal latihan 
Penugasan terstruktur 
·  
  Melakukan aktivitas
  4.2 di rumah 
Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
·  
  - 
 | 
  
   
·      
  Menyebutkan
  contoh-contoh kejadian acak 
·      
  Menyebutkan
  contoh-contoh kejadian tidak acak 
  
 | 
  
   
Jenis: tes 
Teknik : Tes tulis 
Bentuk instrumen : urian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
  
  
  
  
  
  
  
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 89-94 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
  
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
·  
  Ruang sampel dan titik sampel. 
·  
  Menyusun ruang sampel  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Guru menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel. 
·   Siswa secara berkelompok membahas ruang sampel dan titik sampel dari
  pengetosan 1 mata uang logam, 1 dadu, 3 mata uang, dan 1 mata uang dan 1
  dadu, dengan bimbingan guru. 
·   Siswa berkelompok menyusun ruang sampel dengan cara mendaftar, diagram
  pohon, tabel 
·   Siswa mengerjakan soal latihan 
Penugasan terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
·   - 
 | 
  
   
·      
  Menyebutkan pengertian
  ruang sampel  
·      
  Menyebutkan pengertian
  titik sampel suatu kejadian.. 
·      
  Menyusun ruang sampel
  dengan mendaftar 
·      
  Menysun ruang sampel
  dengan  diagram pohon  
·      
  Menyusun ruang sampel
  dengan tabel 
  
 | 
  
   
Jenis: tes 
Teknik : Tes
  tulis 
Bentuk instrumen : urian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 94-96 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
  
 | 
  
  | 
   
4.2          Menentukan Peluang
  Suatu Kejadian 
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
Kisaran Nilai Peluang. 
·      
  Rumus peluang 
·      
  Nilai Peluang 
  
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka  
·       Siswa dibimbing menentukan frekuensi relatif suatu kejadian 
·       Siswa secara berkelompok  membahas
  rumus peluang suatu kejadian 
·       Siswa secara berkelompok membahas contoh 4.3 dengan bimbingan guru 
·       Guru membimbing siswa untuk memahami pengertian nilai  
       peluang dan kisaran nilai
  peluang 
·        Siswa membahas contoh 4.4 dengan
  bimbingan guru 
·       Siswa mengerjakan soal 
·       Penugasan terstruktur 
·       Pekerjaan rumah 
·       Kegiatan mandiri tidak
  terstruktur 
·       - 
  
 | 
  
   
·      
  Menyebutkan pengertian
  frekuensi relatif 
·      
  Menentukan frekuensi
  relatif dari suatu kejadian 
·      
  Menentukan hubungan
  frekuensi relatif dengan peluang 
·      
  Menghitung peluang
  suatu kejadian sederhana 
  
  
  
 | 
  
   
Jenis: tes 
Teknik : Tes
  tulis 
Bentuk instrumen : urian 
 | 
  
   
3  jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 96-98 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
  
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis, kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
·  
  Batas-batas peluang. 
  
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Guru menjelaskan pengertian 
  batas-batas  peluang, yaitu :
  kepastian, kemustahilan, dan komplemen suatu kejadian. 
·   Siswa membahas soal , dengan bimbingan guru. 
·   Siswa mengerjakan soal latihan  
·   Penugasan terstruktur 
·   Pekerjaan rumah 
·   Kegiatan mandiri tidak
  terstruktur 
·   - 
 | 
  
   
·    
  Menentukan peluang
  kejadian   kepastian 
·    
  Menentukan
  peluang  kejadian  kemustahilan. 
·    
  Menentukan peluang
  suatu kejadian komplemen 
  
 | 
  
   
Jenis: tes 
Teknik : Tes
  tulis 
Bentuk instrumen : urian 
 | 
  
   
2 jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 96-98 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
  
 | 
  
  | 
   
  
 | 
  
   
Karakter
  Utama 
1.Berpikir
  logis,  kritis, kreatif, inovatif. 
2.
  Kerjakeras 
3.
  Keingintahuan 
4.
  Kemandirian 
5.Percaya
  diri 
  
 | 
  
   
·  
  Frekuensi Harapan. 
  
 | 
  
   
Tatap Muka 
·   Guru membimbing siswa menentukan rumus frekuensi harapan. 
·  
  Siswa menentukan
  frekuensi harapan suatu percobaan seperti contoh 4.6 dengan - bimbingan guru. 
·  
  Siswa mengerjakan soal
  latihan kompetensi 4.2, no ganjil 
·  
  Penugasan terstruktur 
·  
  Pekerjaan rumah soal
  tes kompetensi 4.2 no genap 
·  
  Kegiatan mandiri tidak terstruktur 
·  
  - 
 | 
  
   
·        
  Menentukan frekuensi
  harapan suatu kejadian. 
·        
    
 | 
  
   
Jenis: tes 
Teknik : Tes
  tulis 
Bentuk instrumen : urian 
 | 
  
   
1  jam pelajaran 
 | 
  
   
Buku paket BSE
  Matematika KLS IX, 
karangan :
  Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti 
Hal. 102-103 
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
  laksamana, Singaraja hal.... 
  
 | 
  
 
  
  
 
  | 
   
Memeriksa / Menyetujui, 
Kepala SMP Lab
  Undiksha  
  
  
Drs Made
  Resika 
NIP.
  .......................... 
 | 
  
   
  
 | 
  
   
  
Guru Mata Pelajaran 
  
  
I Made Sukardi, S.Pd 
NIP. 19621231 198411 1 132 
 | 
  
 
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar