Mengetahui,
Kepala SMP Lab Undiksha Singaraja
Drs. Made
Resika
NIP. -
|
Guru Mata Pelajaran Matematika
I Made Sukardi,
S.Pd
NIP. 19621231 198411 1 132
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP )
SILABUS
SEKOLAH :
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
KELAS : IX
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
SEMESTER :
1 ( SATU )
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI KARAKTER
|
MATERI POKOK / NILAI KARAKTER
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Mengidentifikasi
bangun-bangun yang sama dan sebangun
(kongruen)
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat
dua segi-tiga sebangun dan kongruen.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif.
2. Kerjakeras
3. Keingintahuan
4. Kemandirian
5.Percaya diri
|
Syarat dua
bangun datar yang sebangun
|
Tatap Muka
· Siswa berkelompok mendiskusikan menentukan syarat dua bangun datar
sebangun, menentukan nilai perbandingan sisi yang bersesuaian
· Guru membimbing siswa menentukan pasangan bangun datar sebangun dengan
mencari nilaiperbandingan sisi yang bersesuaian
· Guru membimbing siswa menentukan panjang salah sisi bangun datar yang
sebangun .
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan Terstruktur
· Pekerjaan Rumah
Kegiatan Madiri tidak
terstruktur
·
|
· Menentukan pasangan bangun datar yang sebangun
· Menentukan pasangan sisi yang bersesuaian dari dua bangun datar yang
sebangun
· Menentukan pasangan sudut yang bersuaian dari dua bangun datar yang
sebangun
· Menentukan syarat dua bangun datar sebangun
·
Menentukan dua
bangun datar yang sebangun dengan cara menentukan nilai perbandingan dari
panjang sisi yang bersesuaian
·
Menentukan panjang
salah satu sisi bangun dari dua bangun datar yang sebangun
|
Jenis : Tes
Teknik : Tes
lisan
Bentuk Instrumen
: Uraian
|
3 Jp
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal 1-10
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Bangun datar kongruen.
|
Tatap Muka
· Siswa mendiskusikan perbedaan bangun sebangun dengan bangun kongruen,
kemudian mencari unsur=unsur yang sama dari dua bangun yang kongruen
· Siswa mengerjakan
soal latihan
Penugasan Terstruktur
· Pekerjaan Rumah
Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur
· -
|
·
Menentukan pasangan
bangun datar yang kongruen
·
Menentukan unsur-unsur yang sama dari dua
bangun datar kongruen.
·
Menentukan panjang
salah satu sisi bangun dari dua bangun datar yang kongruen
|
Jenis : Tes
Teknik : Tes
tulis
Bentuk instrumen
:
Uraian
|
2 Jp
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .3-10
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Segitiga – segitiga sebangun
|
Tatap Muka
· Siswa berkelompok
menentukan pasangan segitiga sebangun, menentukan syarat dua segitiga
sebangun.
· Siswa mengerjakan
soal latihan
Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
· -
|
·
Menentukan dua
segitiga yang sebangun
·
Menentukan pasangan
sisi yang bersesuaian pada dua segitiga yang sebnagun
·
Menentukan pasangan
sudut yang bersesuaian pada dua segitiga yang sebangun
|
Jenis : Tes
Teknik :Tes
tulis
Bentuk instrumen
:
Uraian
|
2 Jp
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .10-13
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
·
|
·
Nilai perbandingan
panjang sisi segitiga sebangun
·
Menghitung panjang
sisi pada dua bangun yang sebangun.
|
Tatap Muka
· Guru membimbing siswa dalam menentukan perbandingan
sisi dua segitiga sebangun
· Siswa mengerjakan soal latihan
· Siswa membahas soal seperti contoh pada halaman 15,
dengan bimbingan guru.
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan
terstruktur
· Pekerjaan rumah
Kegiatan
mandiri tidak terstruktur
· -
|
·
Menentukan dua
segitiga sebangun dengan cara
menentukan nilai perbandingan dari panjang sisi-sisi yang bersesuain
·
Menentukan panjang
salah satu sisi segitiga jika segitiga tersebut sebangun dengan segitiga yang
lain
|
Jenis : tes
Teknik: Tes
tulis
Bentuk instrumen
:
Uraian
|
2 Jp
|
Buku Paket BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
Dwi Susanti, Hal .13-17
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Syarat dua segitiga sama dan sebangun (kongruen)
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok membahas syarat dua segitiga sama dan sebangun (
kongruen) menggunakan contoh seperti gambar halaman 17.
·
Siswa secara
berkelompok membahas sifat-sifat segitiga sama dan sebangun dan melakukan
kegiatan siswa dengan bimbingan guru.
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
Kegiatan mandiri tidak
terstruktur
· -
|
·
Menentukan dua
segitiga kongruen
·
Menyebutkan syarat-syarat
dua segitiga kongruen
|
Jenis : tes
Teknik :
tes lisan
Bentuk instrumen : Uraian
|
2 Jp
|
Buku Paket BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
Dwi Susanti, Hal .17-18
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Perbedaan segitiga sebangun dengan kongruen
Perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku jika ditarik garis tinggi ke
sisi miring
|
Tatap Muka
·
Siswa dibimbing
membedakan segitiga sebangun dengan segitiga kongruen
·
Siswa secara
berkelompok membahas perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku jika
ditraik grs tinggi ke sisi miring
·
Siswa mengerjakan soal
latihan
Penugasan Terstruktur
·
Pekerjaan Rumah
Kegiatan mandiri tidak
terstruktur
·
-
|
·
Membedakan segitiga
sebangun dengan segitiga kongruen
·
Menentukan
perbandingan pada sisi segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring.
|
Jenis : Tes
Teknik:Tes tulis
dan lisan
Bentuk instrumen
: uraian
|
2 Jp
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta
dan Dwi Susanti, Hal .19-23
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Menghitung panjang sisi segitiga
yang sebangun
|
Tatap Muka
·
Siswa secara
berkelompok mendiskusikan perbandingan sisi segitiga sebangun dengan garis
sejajar salah satu sisinya
·
Guru bersama siswa
membahas soal seperti pada contoh 1-2 halaman 33-34, contoh 1-2 halaman
34-35, contoh 1-2 halaman 37-38.
·
Siswa
membahas soal contoh 1-2 halaman 39-41 dengan bimbingan guru.
·
Siswa mengerjakan
soal latihan
Penugasan
terstruktur
·
Pekerjaan Rumah
Kegiatan
mandiri tidak terstruktur
·
-
·
|
·
Menentukan
perbandingan pada sisi segitiga dengan
garis sejajar salah satu sisinya.
|
Jenis : Tes
Teknik : Tes
tulis dan lisan
Bentuk instrumen
: Uraian
|
2 Jp
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .10-13
Buku paket
mat.3, penerbit Erlangga
Buku Bahan Ajar
LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana, hal. .......
|
1.3 Menggunakan kon-sep kesebangunan segitiga dalam
pe-mecahan masalah.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Penerapan kesebangunan pada kehidupan sehari-hari
|
Tatap Muka
· Siswa membahas soal seperti contoh 1-3 halaman 53-54, dengan bimbingan
guru.
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
Kegiatan mandiri tidak tertsruktur
· Mengukur tinggi pohon dengan kesebangunan
|
· Memecahkan masalah bangun datar
yang berkaitan dengan kesebangunan.
· Menggunakan kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari - hari
.
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen : Uraian
|
2 jam pelajaran
|
Buku Paket BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
Dwi Susanti, Hal .14,27-30
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
|
BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Standar kompetensi :
2.
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan
ukurannya.
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
|
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
|
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
·
Unsur-unsur
pada tabung , kerucut dan bola.
o Unsur-unsur pada
ta-bung
o Unsur-unsur pada
ke-rucut.
o Unsur-unsur pada
bola
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok mendiskusikan unsur-unsur tabung, kerucut, dan
bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung (model kerangka dan
padat)
·
Membahas
soal seperti contoh 1-2 halaman 67-68.
·
Siswa
mengerjakan soal latihan
Penugasan
terstruktur
·
Pekerjaan
rumah
Kegiatan mandiri
tidak terstruktur
·
-
|
· Menyebutkan unsur-unsur tabung
· Menyebutkan unsur-unsur kerucut
· Menyebutkan unsur – unsur bola
|
Jenis : tes
Teknik : Tes tulis dan lisan
Bentuk instrumen : uraian
|
2 jam pelajaran
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .31-42
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana,
hal
|
|
2.2 Menghitung luas selimut dan volume
tabung, kerucut, dan bola.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Luas permukaan dan Volume tabung
|
Tatap muka
· Siswa secara berkelompok membahas cara menentukan rumus luas selimut ,
luas permukaan dan volume tabung dengan bimbingan guru.
·
Siswa membahas soal seperti contoh
1-3 halaman 71-72.
·
Siswa
mengerjakan sola latihan
·
Penugasan
terstruktur
·
Pekerjaan
rumah
·
Kegiatan mandiri
tidak terstruktur
·
-
|
·
Menentukan rumus luas
selimut tabung
·
Menentukan luas permukaan tabung.
·
Menghitung luas selimut tabung
·
Menghitung luas permukaan tabung.
§ Menghitung panjang unsur-unsur tabung jika diketahui luas selimut atau luas permukaan tabung.
§ Menentukan rumus volume tabung
§ Menghitung volume tabung
§ Menghitung ukuran tinggi tabung jika diketahui volumenya
§ Menghitung ukuran jari-jari tabung
jika diketahui volumenya
|
Jenis : tes
Teknik : Tes
tulis dan lisan
Bentuk instrumen : uraian
|
3 jam pelajaran
|
Buku Paket BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
Dwi Susanti, Hal .33-35
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
Penerbit UD laksamana, hal
|
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Luas permukaan dan volume kerucut
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok membahas cara menentukan rumus luas selimut,
luas permukaan dan volume kerucut dengan bimbingan guru.
·
Siswa
membahas soal seperti
contoh 1-2 halaman 75-76.
·
Siswa
mengerjakan soal latihan
Penugasan
terstruktur
·
Pekerjaan
rumah
Kegiatan mandiri
tidak terstruktur
·
-
|
·
Melukis jaring-jaring
kerucut
·
Menentukan rumus luas
selimut kerucut
·
Menentukan rumus luas
permukaan kerucut.
·
Menghitung luas
selimut kerucut
·
Menghitung luas permukaan kerucut.
·
Menghitung ukuran
unsur-unsur kerucut jika diketahui luas selimut atau luas permukaan kerucut.
·
Menentukan rumus volume kerucut.
·
Menghitung volume kerucut.
·
Menghitung ukuran
tinggi kerucut jika diketahui volumenya.
·
Menghitung ukuran
jari-jari kerucut jika diketahui volumenya
|
Jenis : tes
Teknik : tes tulis
Bentuk instrumen : uraian
|
3 jam
pelajaran
|
Buku Paket BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin Djumanta dan
Dwi Susanti, Hal .35-38
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
Penerbit UD laksamana, hal
|
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Luas permukaan dan volume bola
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok membahas menentukan rumus luas permukaan dan
volume bola, dengan melakukan
langkah-langkah seperti pada halaman
77 dengan bimbingan guru.
· Siswa membahas
soal seperti contoh 1-2 halaman 78
dengan bimbingan guru.
· Siswa mengerjakan
sola latihan
· Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
· Kegiatan mandiri tidak terstruktur
· -
|
·
Menentukan rumus luas
permukaan bola
·
Menghitung luas
permukaan bola.
·
Menghitung jari-jari
bola , jika diketahui luasnya.
·
Menyebutkan rumus
volume bola.
· Menghitung volume bola.
· Menghitung unsur-unsur bola jika diketahui volumenya.
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen ; uraian
|
2 jam pelajaran
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .38-43
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur,
Penerbit UD laksamana, hal
|
|
2.3 Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Penerapan bangun ruang sisi
lengkung
|
Tatap Muka
· Siswa membahas soal seperti pada contoh 1-2 halaman
93-94 dengan bimbingan guru.
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan
terstruktur
· Pekerjaan rumah
Kegiatan mandiri
tidak terstruktur
·
Tugas menggambar
tabung, kerucut, bola dan lengkap denga humus luas dan volume pada buku
gambar A4
|
· Menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas
· Menggunakan rumus volume dari
tabung, kerucut, dan bola untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
volume tabung, kerucut dan bola
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen ; uraian
|
2 jam pelajaran
|
Buku Paket
BSE Kls IX , Pengarang : Wahyudin
Djumanta dan Dwi Susanti, Hal .53-56
Buku Bahan Ajar LKS Terstruktur, Penerbit UD laksamana,
hal
|
|
S T A T I S T I K A
Standar Kompetensi : 3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1 Menentukan rata-rata,
median, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Data statistika.
·
Pengertian data.
· Pengumpulan data.
· Mengurutkan data.
·
Sampel
dan Populasi
|
Tatap Muka
· Siswa melakukan kegiatan pengumpulan data , misalnya tentang berat badan
temannya dengan mencatat dan mengukur
· Siswa membahas pengertian data da datum
·
Siswa membahas cara mengurutkan data dari terkecil sampai terbesar.
· Siswa membahas pengertian sampel dan populasi
· Siswa mengerjakan soal latihan
· Penugasan
terstruktur
· Pekerjaan rumah
· Penugasan mandiri tidak tertsruktur
· -
|
·
Menentukan populasi
dari suatu kejadian
·
Menentukan sampel dari
suatu kejadian
·
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data
dengan mencacah
·
Mengumpulkan data
dengan mengukur
· Mengumpulkan data dengan turus/
tally
·
Mengurutkan data
tunggal
·
Menentukan data
terkecil
·
Menentukan data terbesar.
·
Menentukan jangkauan
data tunggal
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen : uraian
|
2 jam pelajaran
2 jam pelajaran
|
Buku paket BSE Matematika KLS IX,
karangan : Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 57- 60
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Ukuran Pemusatan
Data.
· Rata-rata hitung (mean)
· Modus.
· Median (data tunggal)
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok membahas cara menentukan
mean, modus, dan mediandengan bimbingan guru
· Siswa melakukan perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta
menafsirkan maknanya. Dengan memperhatikan contoh 3.7, 3.8 dan 3.9
Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
Penugasan mandiri tidak tertsruktur
· -
|
·
Menghitung rata-rata ( mean ) dari data tunggal
·
Menghitung median dari
data tunggal.
·
Menghitung modus dari data tunggal
·
Menentukan penafsiran
dari ukuran pemusatan data tunggal
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen : uraian
|
2 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 69- 78
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Ukuran Pencaran (data tung-gal).
·
Jangkauan suatu data.
· Jangkauan Kuartil.
|
Tatap Muka
· Guru menjelaskan pengertian jankauan dan cara menentukan jangkauan suatu
data
· Siswa secara berkelompok membahas contoh 3.16
· Guru menjelaskan cara menentukan Kuartil,
simpangan kuartil dan jangkauan interkuartil
·
Siswa secara
berkelompok melakukan perhitungan kuartil, simpangan kuartil suatu data, jangkauan interkuartil.
Penugasan terstuktur
·
Pekerjaan rumah
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
·
-
|
·
Menghitung kurtil
bawah dari data tunggal
·
Menghitung kuartil
tengah dari data tunggal
·
Menghitung kuartil
atas dari data tunggal
·
Menghitung jangkauan kuartil
·
Menghitung jangkauan interkuartil.
|
Jenis : tes
Teknik : Tes tulis
Bentuk Instrumen : uraian
|
2 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 79-83
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
3.2 Menyajikan data da-lam
bentuk tabel dan diagram ba-tang, garis, dan lingkaran.
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Penyajian data
· Dalam bentuk tabel
· diagram lambang
· diagram
batang
· .diagram garis
· Diagram lingkaran
|
Tatap muka
· Siswa secara
berkelompok membahas cara menyajikan data dengan tabel, membuat diagram
lambang dan diagram batang diagram garis dan diagram lingkaran dengan
memperhatikan contoh 3.3 – 3.6
· Siswa mengerjakan soal latihan tes kompetensi 3.1 no 4-6
· Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah tes kompetensi 3.1 no 7-10
· Kegiatan mandiri tidak terstruktur
· Siswa ditugaskan mengumpulkan data sepeda motor di parkir SMA berdasarkan merknya , kemudian disajikan
dalam diagram dan dicari ukuran pemusatan datanya.
|
·
Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel
·
Menyajikan data
tunggal dalam diagram lambang (piktogram)
· Menyajikan data tunggal dalam bentuk diagram batang.
·
Menyajikan data tunggal
dalam bentuk diagram garis.
· Menyajikan data tunggal dalam bentuk diagram lingkaran.
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen : Uraian
|
2 jam pelajaran
2 jam
pelajarn
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 62-68
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Distribusi Frekuensi
· Tabel distribusi frekuensi data berkelompok
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok membahas pengertian jangkauan data, interval
kelas, kelas interval, batas bawah dan batas atas dengan bimbingan guru.
· Siswa membahas cara membuat tabel frekuensi dari data berkelompok memperhatikan contoh 3.19 dengan bimbingan
guru.
· Siswa mengerjakan soal tes kompetensi 3.4 no 1
· Penugasan terstruktur
· Pekrjaan rumah tes kompetensi 3.4 no. 3 ,5
· Kegiatan mandiri tidak
terstruktur
· -
|
·
Menyajikan data
tunggal pada tabel frekuensi
· Menyajikan data berkelompok pada tabel frekuensi.
|
Jenis : tes
Teknik :Tes tulis
Bentuk instrumen : Uraian
|
1 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 83-88
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
P
E L U A N G
Standar Kompetensi :
4.
Memahami Peluang suatu Kejadian.
KOMPETENSI DASAR
|
KARAKTER
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.1 Menentukan Ruang sampel Suatu Percoabaan
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Pengertian Peluang
·
Kejadian acak
|
Tatap Muka
· Siswa secara berkelompok melakukan aktivitas 4.1 seperti pada buku
· Siswa dibimbing membedakan kejadian acak dengan tidak acak
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan terstruktur
·
Melakukan aktivitas
4.2 di rumah
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
·
-
|
·
Menyebutkan
contoh-contoh kejadian acak
·
Menyebutkan
contoh-contoh kejadian tidak acak
|
Jenis: tes
Teknik : Tes tulis
Bentuk instrumen : urian
|
2 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 89-94
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
·
Ruang sampel dan titik sampel.
·
Menyusun ruang sampel
|
Tatap Muka
· Guru menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel.
· Siswa secara berkelompok membahas ruang sampel dan titik sampel dari
pengetosan 1 mata uang logam, 1 dadu, 3 mata uang, dan 1 mata uang dan 1
dadu, dengan bimbingan guru.
· Siswa berkelompok menyusun ruang sampel dengan cara mendaftar, diagram
pohon, tabel
· Siswa mengerjakan soal latihan
Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
· -
|
·
Menyebutkan pengertian
ruang sampel
·
Menyebutkan pengertian
titik sampel suatu kejadian..
·
Menyusun ruang sampel
dengan mendaftar
·
Menysun ruang sampel
dengan diagram pohon
·
Menyusun ruang sampel
dengan tabel
|
Jenis: tes
Teknik : Tes
tulis
Bentuk instrumen : urian
|
2 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 94-96
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
4.2 Menentukan Peluang
Suatu Kejadian
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
Kisaran Nilai Peluang.
·
Rumus peluang
·
Nilai Peluang
|
Tatap Muka
· Siswa dibimbing menentukan frekuensi relatif suatu kejadian
· Siswa secara berkelompok membahas
rumus peluang suatu kejadian
· Siswa secara berkelompok membahas contoh 4.3 dengan bimbingan guru
· Guru membimbing siswa untuk memahami pengertian nilai
peluang dan kisaran nilai
peluang
· Siswa membahas contoh 4.4 dengan
bimbingan guru
· Siswa mengerjakan soal
· Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
· Kegiatan mandiri tidak
terstruktur
· -
|
·
Menyebutkan pengertian
frekuensi relatif
·
Menentukan frekuensi
relatif dari suatu kejadian
·
Menentukan hubungan
frekuensi relatif dengan peluang
·
Menghitung peluang
suatu kejadian sederhana
|
Jenis: tes
Teknik : Tes
tulis
Bentuk instrumen : urian
|
3 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 96-98
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
·
Batas-batas peluang.
|
Tatap Muka
· Guru menjelaskan pengertian
batas-batas peluang, yaitu :
kepastian, kemustahilan, dan komplemen suatu kejadian.
· Siswa membahas soal , dengan bimbingan guru.
· Siswa mengerjakan soal latihan
· Penugasan terstruktur
· Pekerjaan rumah
· Kegiatan mandiri tidak
terstruktur
· -
|
·
Menentukan peluang
kejadian kepastian
·
Menentukan
peluang kejadian kemustahilan.
·
Menentukan peluang
suatu kejadian komplemen
|
Jenis: tes
Teknik : Tes
tulis
Bentuk instrumen : urian
|
2 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 96-98
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
|
Karakter
Utama
1.Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif.
2.
Kerjakeras
3.
Keingintahuan
4.
Kemandirian
5.Percaya
diri
|
·
Frekuensi Harapan.
|
Tatap Muka
· Guru membimbing siswa menentukan rumus frekuensi harapan.
·
Siswa menentukan
frekuensi harapan suatu percobaan seperti contoh 4.6 dengan - bimbingan guru.
·
Siswa mengerjakan soal
latihan kompetensi 4.2, no ganjil
·
Penugasan terstruktur
·
Pekerjaan rumah soal
tes kompetensi 4.2 no genap
·
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
·
-
|
·
Menentukan frekuensi
harapan suatu kejadian.
·
|
Jenis: tes
Teknik : Tes
tulis
Bentuk instrumen : urian
|
1 jam pelajaran
|
Buku paket BSE
Matematika KLS IX,
karangan :
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Hal. 102-103
Buku bahan Ajar LKS terstruktur , penerbit UD
laksamana, Singaraja hal....
|
Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Lab
Undiksha
Drs Made
Resika
NIP.
..........................
|
|
Guru Mata Pelajaran
I Made Sukardi, S.Pd
NIP. 19621231 198411 1 132
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar