Kamis, 29 November 2012

LAPORAN KEGIATAN KINERJA PENDIDIK / GURU




NAMA SEKOLAH               : SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
NAMA PENDIDIK               : I MADE SUKARDI, S.Pd
NIP                                         : 19621231 198411 1 132
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
JML JAM MENGAJAR        : 25 JAM
KELAS/ SMESTER               : VIII DAN IX/ GANJIL
TAHUN PELAJARAN         : 2011/ 2012

  1. PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
            Tugas guru sangat mulia, sebagai fasilitator dalam mewujudkan cita-cita anak didik. Sebagai fasilitator dituntut guru yang profesional, sehingga betutl-betul mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dalam mengembangkan kemampuan akademis siswa itu sendiri. Guru adalah ujung tombak dalam mengelola proses pembelajaran. Sebagai ujung tombak berarti peran guru sangat strategis dalam membuka wawasan berfikir siswa. Proses pembelajaran dapat berjalan lancar harus didahului dengan perencanaan yang baik pula, dan pada akhir kegiatan harus dilakukan penilaian terhadap proses yang telah dilaksanakan.
            Sesuai dengan Permendiknas 41 / tahun 2007 tentang Standar proses diuraikan tugas guru adalah : merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian proses pembelajaran. Dalam proses tersebut diperlukan guru yang memberikan keteladanan,
membangun kemauan, dan mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik.
Implikasi dari prinsip ini adalah pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari
paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efisien. Mengingat kebhinekaan budaya, keragaman latar belakang dan karakteristik peserta didik, serta tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran harus fleksibel, bervariasi, dan memenuhi standar. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik . Berikut diuraiakan secara singkat tugas guru yaitu :



I. PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.
A. Silabus
Silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), serta panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru mera -cang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

II. PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
1. Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan  materi yang akan dipelajari;
c. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2. Kegiatan Inti
Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

III. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Penilaian dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk
            Tugas guru dipertegas lagi dalam Permen PAN No 16 tahun 2009 tentang Tugas guru dan Angka kredinya. Tugas utama Guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.  Beban kerja Guru untuk men-didik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan/atau melatih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu.
            Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas pokok seorang guru, setiap guru dituntut harus mempunyai empat kompetensi, seperti apa yang tercantum dalam Undang-undang  No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Empat kompetensi guru tersebut adalah :
  1. Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik.
  2. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik.
  3. Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam
  4. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/ wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

Tugas untuk tahun pelajaran 2011/ 2012 adalah mengajar mata pelajaran matematika kelas VIII dan kelas IX.2, 3 dengan 25 jam tatap muka perminggu dan Pengembangan Diri Komputer kelas VIII dengan 6 jam tatap muka  perminggu sesuai SK kepala sekolah SMP Lab Undiksha Singaraja No. ...... / SMP/ Lab.Undiksha/ E.1/ 2011 tentang Penugasan Guru dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan penyuluhan tahun pelajaran 2011/2012 tanggal ... Juli 2011. Disamping itu tugas tambahan yang dibebankan adalah  sebagai koordinator Gugus kendali mutu Standar Isi dan Kegiatan Pembelajaran.

Berkaitan tugas-tugas yang dibebankan kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah mulai dari persiapan/ perencanaan yaitu menyusun Prota, promes, silabus, RPP, pemetaan Standar Isi, KKM, menyiapkan buku nilai , buku paket, buku penunjang. Dalam Pelaksanaan  proses pembelajaran telah melaksanakan apa yang telah direncanakan seperti: mengelola proses pembelajaran, melakukan penilaian, pemberian tugas-tugas, ulangan harian, UTS, UAS, menganalisis hasil ualangan siswa, menyusun program Remidia dan Pengayaan. Kegiatan yang dilaksanakan  berkaitan dengan tugas tambahan Pengembangan diri Komputer telah menyusun program, pelaksanaan bimbingan, dan penilaian dan yang berkaitan dengan Koordinator Standar Isi dan Kegiatan Pembelajaran telah dilaksanakan penyusunan program beserta RAPB tahun 2011/2012  melaksanakan workshop di awal  tahun pelajaran dan lain-lain yang berkaitan dengan Standar Isi : seperti administrasi guru.

2. TUJUAN
Tujuan penyusunan laporan ini adalah :
    1. Sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran selama satu semester
    2. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran
    3. Untuk memberi masukan pada pengambilan kebijakan di sekolah
    4. Sebagai refleksi pembuatan program dan perencanaan pembelajaran




  1. KESESUAIAN ALOKASI WAKTU DALAM PELAKSANAAN PROMES/ PROTA
SK
KD
ALOKASI WAKTU
SOLUSI/ CATATAN
SESU
AI
KURANG
LEBIH

KELAS VIII





1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

1.1 Melakukan operasi aljabar

V

Disampaikan hanya materi esensial saja dan pemberian tugas-tugas

1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.


V

Disampaikan hanya materi esensial saja dan pemberian tugas-tugas

1.3 Memahami relasi dan fungsi



V




1.4 Menentukan nilai fungsi


V




1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
V




1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.


V

Disampaikan hanya esensial saja, materi pengayaan diberikan tugas-tugas
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel


V




2.2 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
V




 2.3   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsiran-nya

V



3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
V




3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
V









KELAS IX





1.Memahami kesebangunan bangun datar dan pengguanaan
nya dalam pemecahan masalah

1.1  Menidentifikasi bangun datar yang sebangun dan kongruen

V




1.2  Menidentifikasi sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

V




1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga untuk pemecahan masalah
V



2.Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola


V




2.2 Menghitung luas selimut dan volum tabung, kerucut dan bola

V




2.3 Memecahkan masalh yang berkaitan dengan volum dan luas

V



3.Melakukan pengolahan dan penyajian data
3.1 Menentukan mean, median dan modus data tunggal
3.2 Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis dan lingkaran

V



V



4.Memahami peluang kejadian sederhana
4.1 Menentukan ruang sample suatu percobaan
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

V



V



5.Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaanya dalam pemecahan masalah sederhana
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2 Operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan masalah yang berkaitan  dgn bilangan berpangkat dan bentuk akar
V




V






V


































  1. KETUNTASAN BELAJAR SEMESTER/ TAHUN
SK
KD
PROSENTASE KETUNTASAN
SOLUSI/ CATATAN
AKHIR KD
HASIL REMIDIAL
TIDAK TUNTAS

KELAS VIII





1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
1.1 Melakukan operasi aljabar





1.2  Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.
Hasil penilaian





52,03




91,93




8,07
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas

1.3 Memahami relasi dan fungsi






1.4 Menentukan nilai fungsi





1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius





Hasil penilaian
58,64
86,79
13,21
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas

1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.

51,52
55,74
44,26
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel







2.2 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel





 2.3   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsiran-nya






Hasil penilaian
56,12
62,16
37,84
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah





3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras





Hasil penilaian
27,7
88,3
13,2
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas






KELAS IX





1.Memahami kesebangunan bangun datar dan pengguanaan
nya dalam pemecahan masalah

1.2    Menidentifikasi bangun datar yang sebangun dan kongruen






1.3  Menidentifikasi sifat dua segitiga sebangun dan kongruen






1.4 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga untuk pemecahan masalah





Hasil penilaian

48,00
87,50
12,50
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas
2.Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola







2.2 Menghitung luas selimut dan volum tabung, kerucut dan bola






2.3 Memecahkan masalh yang berkaitan dengan volum dan luas






Hasil Penilaian

50,00
85,50
14,50
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas
3.Melakukan pengolahan dan penyajian data
3.1 Menentukan mean, median dan modus data tunggal
3.2 Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis dan lingkaran
Hasil Penilaian











56,99











42,86










57,14










Siswa yang belum tuntas diberikan tugas
4.Memahami peluang kejadian sederhana
4.1 Menentukan ruang sample suatu percobaan
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana






Hasil Penilaian

68,37
46,15
53,85
Siswa yang belum tuntas diberikan tugas
5.Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaanya dalam pemecahan masalah sederhana
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2 Operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan masalah yang berkaitan  dgn bilangan berpangkat dan bentuk akar






70,50
100
0















  1. HASIL KEGIATAN PEMBELAJARAN, PERMASALAHAN, TINDAK LANJUT
NO
KEGIATAN
HASIL KEGIATAN
PERMASALAHAN
TINDAK LANJUT
1
PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN

Telah tersusun RPP perangkat pendukungnya


2
PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

Tidak sepenuhnya dapat berjalan sesuai rencana sangat tergantung pada situasi kelas pada saat itu
Pembelajaran kooperatif yang dirangcang tidak dapat berjalan sepenuhnya, siswa kurang untuk belajar mandiri atau bersama teman
Pembelajaran sering diarahkan model pembelajaran langsung hanya sekali waktu menggunakan tipe STAD
3
PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pelaksanaan penilaian ulha berlansung setiap akhir beberapa KD/ SK , selama proses diadakan pengamatan keak-tifan, tugasmandiri terstruktur berupa tugas PR soal-soal pada buku LKS dan penilaianya akhir


4
MELAKSANAKAN TUGAS LAIN YANG BERHUBUNGAN  DENGAN FUNGSI SEKOLAH (jika ada)

Telah tersusunya program dan RAPB standar isi
Pelaksanaannya tidak pas seperti apa yang telah diprogramkan
Waktunya ber-sifat fleksibel yang penting masih dalam thn pelajaran bersangkutan.
5
MELAKUKAN PENGEMBANGAN PROFESI BERKELANJUTAN (jika ada)

     -




  1. PENUTUP
  1. KESIMPULAN
    1. Alokasi waktu yang telah ditetapkan pada program ada saja yang tidak pas, karena tergantung situasi kelas, namun pada akhir semester semua materi yang wajib disampaikan dalam seperti bersangkutan harus habis, penekanan pada materi yang esensial
    2. Ketuntasan secara umum belum mencapai ketuntasan ideal 85 %, namun setelah kegiatan remidial target tersebut bisa tercapai walaupun ada beberapa siswa belum mencapai ketuntasan. Bagi siswa yang belum tuntas diberikan tugas tambahan berupa soal-soal yang dikerjakan di rumah
    3. Hasil kegiatan pembelajaran baik menyangkut perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dapat terlaksanakan dengan baik walaupun beberapa permasalahan yang diujumpai sudah dapat diatasi.

  1. SARAN / REKOMENDASI
  1. pengalokasian waktu setiap KD dalam penyusunan program berikut harus diperhatika keluasan materi dan situasi kelas
  2. pembelajaran yang dirancang harus memeperhatikan alokasi waktu, situasi kelas dan keluasan materi
  3. soal-soal penilaian harus mengacu pada indikator yang telah disusun.





                                                                              Singaraja,  31 Desember 2011
Mengetahui,                                                          Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



Drs Made Resika                                                 I Made Sukardi, S.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar